Tips cara memilih BAJA RINGAN yang benar dan berkualitas tinggi

Tips cara memilih BAJA RINGAN yang benar dan berkualitas tinggi

Dilihat dulu merknya apa? apakah dari pabrikan terkenal atau yang kurang terkenal karena merk biasanya mempengaruhi kualitas baja ringan tersebut. Dipegang bagai mana tingkat kelenturan apakah terlalu lentur atau terlalu keras ? baja ringan yang bagus tidak terlalu keras dan tidak terlalu lentur.

Dilihat ketebalannya berapa ? untuk ketebalan standar yaitu 0.75 mm untuk baja ringan yang bagus pasti di setiap batangnya ada cap tanggal pembuatannya dan cap SNI jangan sampai beli yang gak ada capnya yah
karena kita tidak bisa mengenali apakah ketebalan baja ringan tersebut benar 0,75 atau 0,65 kalo ada capnya setiap batang kan kita gak susah susah untuk mengukur ketebalan baja dengan alat pengukur mikro meter.

Tanya jenis baja ringannya karna baja ringan ada 2 jenis Galvanize dan Zincalume namun untuk baja yang lebih bagus itu adalah jenis Zincalume karna memiliki komposisi terbaik yaitu dengan campuran 55% alumunium 43.5 % zinc dan 1,5 % adalah silicon.

Tanya berapakah jarak kuda kuda baja ringan nanti yang akan terpasang, untuk jarak kuda kuda standar yaitu 120 cm itu maksimal jadi jangan sampai lebih dari 120 cm lebih rapat lebih baik.

Tanyakan berapakah jarak Web yang akan dipasang berapa ? karna jarak web akan sangat berpengaruh terhadap kekuatan kuda kuda baja ringan. WEB ( Kaki kaki yang menopang kuda kuda baja ringan) jarak web maksimal adalah 150 cm

Tanyakan surat garansi berapa lama yang akan diberikan untuk garansi pemasangan di rumah anda.

Mintalah gambar perencanaan untuk pemasangan atap di rumah anda karna gambar akan menjadi acuan untuk anda nantinya bagaimana jarak kuda kuda dan bagaimana model kuda-kuda baja ringan yang akan di pasang dirumah anda.dan untuk derajat kemiringa standar adalah 30 derajat untuk genteng keramik,morando,beton dan sejenisnya kalo untuk genteng metal bisa di 25 derajat. derajat kemiringan juga berpengaruh terhadap kebocoran atap rumah anda jika derajat kemiringan terlalu landai maka
air akan tampias masuk kerumah anda.

Memilih Baja Ringan – Bagaimana baiknya? Berikut kami sajikan Tipsnya. sebelum kita membeli atap baja ringan, sebaiknya kita mengetahui bagaimana cara memilih rangka atap baja ringan yang baik. disini akan di jelaskan sedikit Tips Memilih Baja Ringan yang baik, harus berpatokan pada banyak hal dan ketelitian sebelum membeli sangat diperlukan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya atau paling tidak mampu memberi pertimbangan kuat sebelum memutuskan pilihan.

1. Dalam memilih bahan material apapun untuk tempat tinggal Anda, hal pertama yang harus selalu Anda lakukan adalah mencari tahu kredibilitas dari produsen bahan tersebut. Semakin dipercaya dan semakin besar nama sebuah produsen, setidaknya dapat menjadi jaminan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan nama produsen yang belum dikenal. Bisa juga hal ini dikaitkan dengan daftar client/customer
yang pernah menggunakan jasanya, secara tidak langsung hal ini turut menunjukkan kredibilitas maupun kualitas kerjanya.

2. Jangan pernah ragu untuk selalu meminta informasi Memilih Baja Ringan secara detil ukuran dan spesifikasi lengkap dari material rangka atap baja ringan yang akan Anda pilih. Terutama mintalah dimensi/ukuran dari Rangka Utama (C
Channel), semakin besar/ tebal C Channel maka semakin besar pula berat beban yang dapat ditanggungnya. Demikian juga jika semakin kecil/tipis C Channel maka berat bebannya pun semakin kecil.

3. Jika material konstruksi yang tengah anda cari adalah rangka atap baja ringan maka relevean rasanya jika Anda juga mengetahui informasi soal ketebalan lapisan anti karat dari bahan material tersebut. Ada
aturan baku yang berlaku umum untuk standar fabrikasi baja ringan yang digunakan untuk konstruksi rangka atap, berikut :

a. Galvanis, merupakan pelapisan dengan seng (Zinc)saja, ketebalan
minimum lapisan anti karat biasanya 180gr/m2. Jika angkanya lebih
besar dari itu semakin baik kualitas lapisan anti karatnya.

 b. Galvalum,  merupakan pelapisan dengan seng (Zinc)dan aluminium
dengan ketebalan minimum lapisan karat adalah 150gr/m2. Tiap produsen
memiliki aturan komposisi campuran antara seng dengan aluminium
berbeda – beda.

4. Dalam transaksi pembelian, Anda pasti akan diberi software untuk membantu dalam proses pemasangannya. Namun tetap perlu Anda pastikan, software yang diberikan tersebut memiliki sertifikasi dari badan/ konsultan konstruksi yang berpengalaman.

5. Jangan pernah ragu untuk meminta saran dan pendapat dari konsultan konstruksi atau arsitek yang berpengalaman dalam proses pemasangan, agar tidak terjadi kesalahan.

Semoga dengan 5 tips singkat Memilih Baja Ringan dapat membantu Anda agar tidak salah ketika mencari  atap baja ringan yang akan digunakan pada rumah impian Anda.

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *