7 Faktor besar yang mempengaruhi kita harus mengganti Kayu dengan Baja Ringan

7 Faktor besar yang mempengaruhi kita harus mengganti Kayu dengan Baja Ringan

Mengapa mengganti Kayu dengan Baja Ringan, kayu yang kita pergunakan untuk atap rumah harus di ganti dengan Baja Ringan inilah alasannya, Banyak Faktor yang mempengaruhi pemilihan bajaringan sebagai bagian dari kontruksi utama Atap rumah modern akhir akhir ini salah satu Faktornya adalah

1. Baja ringan merupakan termasuk salah satu Green material. Karena mengurangi pemakaian Kayu yang makin hari semakin berkurang ketersediannya di Alam.

2. Selain Ramah lingkungan.. Baja ringan juga termasuk material yang lightweight ( ringan ) sehingga sangat baik dalam hal mengurangi bobot struktur bangunan sehingga umur bangunan jadi lebih lama.

3. Baja ringan tahan terhadap serangan Rayap dan karat sehingga umur atap akan bertahan lebih lama dibandingkan penggunaan rangka kayu.

4. Muat susut rendah yang membuat penggunaan baja ringan sangat baik di suhu ekstrem seperti panas dan dingin

5. Cepat dalam pengerjaan sehingga baja ringan sangat ekonomis dilihat dari faktor biaya

6. Ketahanan terhadap gempa dikarenakan bobot baja ringan yang 50 x lebih ringan dibandingkan atap kayu

7. Lebih mudah memodifikasi model atap yang diinginkan sehingga penggunaan baja ringan sangat baik dari segi eksterior atap yang diinginkan.

Beberapa Faktor diatas adalah sebagian besar dari keuntungan yang kita peroleh dengan penggunaan baja ringan di rumah kita.

Yukk Mengganti Kayu dengan Baja Ringan di rumah kita

Tips Mengganti Atap Kayu Dengan Baja Ringan

Jka beberapa tahun yang lalu membangun rumah dengan baja ringan, hanya didominasi oleh konstruksi-konstruksi pabrik dan perusahaan-perusahaan besar. Tetapi hari ini rumah dengan type sederhana sudah menggunakan atap baja ringan. Penggunaan baja ringan sudah mulai memasyarakat untuk penggunaan rumah di kampung-kampung. Tentu bukan tanpa alasan yang kuat ketika baja ringan sudah menjadi alternatif pilihan untuk mengganti atap rumah.
Rumah dengan baja ringan memang memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan menggunakan kayu. Berikut ini kami berikan kelebihan atap rumah baja ringan jika dibandingkan dengan kayu

1. Baja ringan lebih tahan rayap jika dibandingkan dengan kayu

Ketika harus menggunakan kayu sebagai atap untuk rumah Anda coba Anda amati dulu, apakah di rumah Anda sangat potansial di huni rayap ketika terjadi lembab. Jika kondisi ini Anda alami, tentunya menggunakan baja ringan adalah sebuah solusi yang tepat untuk atap rumah Anda. So, sebetulnya menggunakan baja ringan tidak terlalu urgent jika kondisi lingkungan sekitar rumah Anda tidak banyak di huni rayap, alias rayapnya ganas-ganas. Tetapi jika lingkungan di sekitar rumah Anda biasa-biasa saja soal rayap, tentu menggunakan atap kayu juga tidak menjadi masalah yang serius.

2. Baja dipergunakan sebagai pengganti kayu, jika kayu yang ada gampang melengkung

Ketika Anda merasa perlu untuk lebih menggunakan baja ringan dengan alasan kayu lebih mudah melengkung juga alasan yang tepat.Memang baja secara struktur lebih bagus daripada baja. Baja cenderung lebih kuat di bandingkan dengan baja ringan. Tapi baik kayu atau baja tetap memiliki plus minis sendiri-sendiri. Jikapun Anda harus menggunakan baja sebagai penggati kayu juga cukup bagus untuk digunakan.

3. Efisiensi

Ketika kita ngomong efisiensi, mana yang efisien antara kayu dan baja ringan? Untuk cerita ini, tergantung di mana Anda berada. Misalnya Anda berada di daerah yang sumberdaya kayunya melimpah tentu menggunakan kayu bisa jadi lebih murah. Sebaliknya jika Anda berada di daerah perkotaan yang untuk mendatangkan kayu lebih mahal, maka solusi yang terbaik adalah harus menggunakan baja ringan. Jadi efisiensi bukan melulu menggunakan baja ringan lebih mahal dan menggunakan atap kayu lebih murah. So, silahkan analisa di masing-masing daerah Anda berada. Murahnya kayu belum tentu juga lebih murah menggunakan baja ringan.

Kelebihan Menggunakan Atap Kayu Untuk Rumah

Jadi ketika Anda berinisiatif untuk mengganti kayu dengan baja ringan tentu pertimbangan utama adalah seberapa bagus dan efektif Anda menggunakan baja sebagai pengganti kayu. Semua tentu tetap memiliki plus dan minus tersendiri, sehingga ketika Anda berkeinginan menggunakan baja ringan tentu bukan tidak mungkin tetap memiliki kekurangan di bandingkan kayu.
Jika Anda berfikiran untuk menghindari serangan rayap saja, tentu memilih kayu dengan kualitas terbaik juga bisa menjadi solusi yang terbaik, misalnya Anda menggunakan kayu jati sebagai rangka atap Anda. Tentu jika Anda menggunakan kayu jati sebagai bahan dasar atap Anda akan menjadi atap yang cukup kuat, anti serangan rayap.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh kayu jati atau kayu jenis kualitas bagus lainnya adalah, struktur kayu juga lebih kuat dan fleksible dan lentur di bandingkan dengan baja ringan. Struktur kayu sangat fleksible jika di gunakan kuda-kuda utama untuk penyangga rumah. Jauh hari sebelum masyarakat terbiasa menggunakan baja ringan sebagai kuda-kuda rumah, mereka sangat familiar menggunakan kayu sebagai bahan penyangga utama untuk kuda-kuda rumah mereka. Cukup kuat, murah serta efisien jika kayu dijadikan penyangga utama untuk rumah zaman tempo dulu.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *